Macam Dosa Besar Menurut Al Qur'an




Dosa merupakan tindakan yang melanggar aturan norma yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Semua manusia tidak akan luput dari dosa baik itu dosa besar ataupun dosa yang sangat kecil, tetapi sesungguhnya Allah adalah zat yang maha pengampun, maka jika kita melakukan perbuatan yang melanggar norma aturan yang telah ditetapkan oleh Allah maka segeralah kita berdobat dan mohon ampun padanya. 

Di dunia ini semua makhluk ciptaanNya pasti pernah mengalami ujian dari Allah SWT, padahal ujian tersebut merupakan cara Allah untuk mengetahui seberapa iman dan taat kah seorang muslim. Allah akan memberikan ujian kepada hambanya sesuai dengan kemampuan hambanya dan dalam menghadapi tersebut kita hanya harus bersabar dalam menghadapinya. 

Cobaan diberikan bukan karena kita berdosa tetapi karna kita dinilai oleh Allah pantas dan mampu untuk melaluinya. Lantas, apa saja yang termasuk dosa besar menurut Al Quran?. Berikut dosa besar yang dijelaskan dalam Al Quran:
  • Syirik
Syirik merupakan perbuatan  yang dilakukan untuk mempersekutukan Allah. Dalam hal ini Allah berfirman dalam QS An Nisaa: 48 yang berarti “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari ( syirik ) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya".
Dan dalam QS Al Maidah:72 yang berarti “sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga".

  • Berputus Asa dari Mendapatkan Rahmad Allah SWT
Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam QS Yusuf: 87 yang berarti “Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmad Allah, melainkan kaum yang kafir".
  • Merasa Aman dari Ancaman Allah SWT. 
Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam QS Al A'raaf:99 yang berarti “Tiadalah yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang - orang yang merugi".
  • Durhaka Kepada Orang Tua 
Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam QS Maryam: 32 yang berarti “Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka".
  • Membunuh 
Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam QS An Nisaa: 93 yang berarti “Dan barang siapa yang membunuh seorang mu'min dengan sengaja, maka balasanya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya".



Itulah beberapa dosa besar yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al Quran. Dan sesungguhnya Allah merupakan zat yang Pengasih dan maha pengampun. Jadi jika kita berbuat dosa yang mana itu dosa besar maupun dosa kecil, kita harus meminta ampun kepada-Nya. Di dalam Al Quran disebutkan bahwa Allah akan mengampuni segala dosa kecuali Syirik. Untuk itu bertobatlah kita dan mohonlah ampun pada-Nya dan berusahalah sekuat tenaga untuk tidak mengulanginya. 

0 Response to "Macam Dosa Besar Menurut Al Qur'an"

Post a Comment