Manfaat Sholat Malam Yang Utama



Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud ini adalah ⅓ malam, dimana para malaikat turun ke bumi dan Allah mengabulkan setiap do'a hamba-Nya.

Sholat tahajud memiliki beberapa manfaat yang besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Banyak dalil-dalil baik Al Qur'an maupun hadis yang memberikan penjelasan tentang manfaat yang didapat dari sholat malam atau tahajud. Bahkan dalam sebuah riwayat mengatakan bahwa sebelum sholat 5 waktu diwajibkan kepada Rosulullah, perintah melaksanakan sholat tahajudlah yang pertama kali diterima oleh beliau dari Allah SWT.

Manfaat Sholat Tahajud


Setidaknya ada beberapa manfaat sholat tahajud yang disampaikan dalam penelitian maupun dalil-dalil.


  • Allah akan mengangkat derajatnya
Manfaat yang pertama adalah bahwa Allah akan mengangkat derajat ke tempat yang terpuji. Keterangan tentang ini dapat kita baca dalam Q.S Al Isra' ayat 79 dan hadis yang diriwayatkan oleh Abi Daud r.a.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
Manfaat yang ke dua adalah sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Menjauhkan diri dari kelalaian hati
Manfaat selanjutnya adalah menjauhkan diri dari kelalaian hati. Penjelasan tentang hal ini dapat ditemukan dalam hadis yang diriwayatkan Al Hakim dalam kitab Al Mustadrak.
  • Jaminan masuk surga
Manfaat yang ke empat adalah mendapat jaminan masuk surga. Ini sesuai dengan keterangan dari sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi:
"Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat".(H.R. Al Hakim, Ibnu Majah, At Tirmidzi)
  • Tanda takwanya terlihat di muka
Orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud akan terlihat bersinar wajahnya, inilah yang menjadi tanda bahwa seseorang tersebut bertakwa kepada Allah SWT.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari sholat malam atau tahajud, dan masih banyak sekali yang dapat kita ambil dari sholat malam atau tahajud dan semoga hal tersebut akan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah sholat malam.

0 Response to "Manfaat Sholat Malam Yang Utama"

Post a Comment