7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan



Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer untuk digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan obat, khususnya bagi masyarakat Indonesia.
Jahe termasuk suku zingibersceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh Willian Roxburgh dari kata Yunani Zingiberi.


Sebagai tanaman herbal, jahe menyimpan macam-macam zat yang baik bagi tubuh. Berikut ini merupakan manfaat jahe diantaranya:


  • Pencegahan Timbulnya Kanker
Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit, pankreas, kanker ginjal dan gejala kanker paru-paru.

  • Menghilangkan Ketombe
Sari pada jahe dapat digunakan sebagai bahan pencuci rambut ysng dengan alami membantu mengurangi ketombe.

  • Perut Kembung
Ekstrak jahe bermanfaat bago yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus.

  • Mengobati Sakit Gigi
Nyeri pada gusi dan sakit gigi ternyata dapat juga dicegah dengan meminum air jahe, hal ini karena jahe bersifat anti jamur dan anti biotik.

  • Bersifat Anti Alergi
Mangaat jahe bersama ekstrak biji anggur dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi demamdan masalah serupa yang sering kali dapat terjadi selama musim alergi.

  • Mengobati Masalah Pernafasan

Jahe termasuk jenin ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan pencernaan.

  • Melancarkan Pencernaan
Jahe juga bisa membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.

    Itulah beberapa manfaat jahe, meskipun jahe termasuk jenis bahan pengobatan alami, tetap saja terselip rasa ke khawatiran mengenai kebenaranya. Maka dari itu sebelum mengonsumsi obat dari jahe, lebih baik bicarakan terlebih dahulu pada dokter anda.

    0 Response to "7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan"

    Post a Comment