Bahaya Virus Zika



Virus Zika merupakan anggota dari keluarga Flaviviridae dan ditularkan ke manusia oleh nyamuk. Orang yang terjangkit virus ini akan merasakan gejala-gejala seperti:

  • Sakit kepala
  • Ruam di wajah, leher, lengan atas, dan mungkin juga akan menyebar ke telapak tangan dan kaki
  • Demam
  • Dan nyeri punggung
Pada tahun 2014, virus ini menyebar ke timur melintasi samudra pasifik ke Polinesia Perancis, kemudian ke pulau Paskah dan pada tahun 2015, virus ini menyebar ke Amerika Tengah, Karibia, dan kini virus ini menyebar ke Amerika Serikat sebagai satu wabah besar.

Virus ini memang tidak menyebabkan kelainan berat seperti demam berdarah. Akan tetapi, virus ini dapat menimbulkan risiko terhadap ibu hamil.

Menurut laman resmi Depkes RI dikatakan bahaya terbesar dari serangan Virus Zika justru muncul pada ibu hamil, karena ibu hamil yang positif memiliki virus tersebut kemungkinan bisa menularkan virus tersebut pada janin dalam kandungannya. Dan virus ini akan menyerang jaringan otot dan sistem saraf termasuk sistem saraf pusat diotak dari janin.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Virus Zika ini mungkin tidak terlalu berbahaya seperti virus HIV ataupu Ebola, tetapi yang patut diwaspadai dari virus ini adalah jika virus ini terkena pada ibu hamil karena itu cukup berdampak pada janin yang dikandungnya.

0 Response to "Bahaya Virus Zika"

Post a Comment